Senin, 30 September 2013

Sharing Taxi

Andi Hendra Paluseri

Taxi menjadi salah satu moda transportasi utama di berbagai kota besar saat ini. Selain karena relatif aman & nyaman,  banyak orang yang memilih menggunakannya karena terkesan bonafide dibandingkan menggunakan moda transportasi yang lain. Dan yang paling penting adalah gak pake ngetem.

Namun Kenaikan BBM yang terjadi beberapa bulan lalu berimbas terhadap jumlah pengguna taksi karena menyebabkan kenaikan tarif yang cukup besar yaitu 20% dari tarif semula. Berikut harga kenaikan biaya taxi (di Jakarta):
- Bluebird
a)Argo Pertama : 7.000 (naik dari sebelumnya 6.000)
b)Tarif Berikutnya : 3.600/km (naik dari sebelumnya 3.000/km)
- Non-Bluebird
a)Argo Pertama : 6.000 (naik dari sebelumnya 5.000)
b)Tarif Berikutnya : 3.000/km (naik dari sebelumnya 2.500/km)

Untuk mengatasi pembengkakan budget transportasi, banyak pekerja yang akhirnya memilih solusi SHARING TAXI dimana tiap penumpang melakukan urunan yang proporsional berdasarkan jaraknya masing-masing. Biasanya mereka yang melakukan sharing taxi adalah yang tujuannya searah misal arah Sudirman-Thamrin dsb.

Ternyata selain menghemat biaya transportasi, sharing taxi ini banyak manfaatnya lho yaitu:
a) Tidak terkendala di zona three in one
b) Mengurangi kemacetan, bila biasanya satu taxi dinaiki oleh satu penumpang tentu jumlah taxi yang bersliweran akan lebih banyak.
c) Meningkatkan keamanan teman terutama teman wanita yang ikut sharing taxi tersebut.
dll

Sebuah taxi akan nyaman dinaiki sampai dengan berjumlah 5 orang dewasa (termasuk supir). Bila lebih dari itu, disarankan untuk melakukan sharing taxi dengan teman yang lain saja karena akan mengganggu kenyamanan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar